Selasa, 22 November 2011

bencana tsunami


Tsunami Jepang Terbesar dalam Sejarah Jepang

tsunami jepangGempa yang merupakan gempa terbesar dalam 150 tahun terakhir catatan sejarah gempa dan tsunami Jepang tersebut terasa hingga 2100 km dari pusat gempa (epicenter). Gempa yang mengguncang puluhan kota-kota besar termasuk ibukota Jepang, Tokyo tersebut mengakibatkan banyak kerusakan di kota-kota tersebut.
Perdana menteri Jepang, Naoto Kan dalam siaran persnya menyebutkan bahwa kerusakan besar terjadi pada banyak kota atau daerah, terutama pada wilayah utara Jepang. Dia mengakui, walaupun Jepang termasuk negara yang cukup siap menghadapi gempa bumi maupun tsunami, tsunami Jepang kali ini sangat mengerikan.
Di kota Sendai, gelombang tsunami  ini menyapu tanah pertanian, rumah-rumah, mobil, truk, bis dan bahkan beberapa bangunan yang terbakar karena ledakan pipa gas terlihat terseret dalam gelombang tersebut.
Puing-puing reruntuhan bangunan, kendaraan, dan beragam puing-puing tersebut juga terseret hingga landasan Sendai Airport yang mengakibatkan ditutupnya airport tersebut. Ledakan dan kebakaran juga banyak terjadi di wilayah kota ini.
Kebakaran dahsyat juga terjadi di kota Ichibara. Kebakaran dahsyat tersebut terjadi di kilang penyulingan Cosmo Oil Refinery yang terdapat di kota tersebut. Jilatan api dari kilang-kilang tersebut menjulang hingga setinggi 30 meter.
Di Tokyo, getaran gempa yang terasa pada bangunan-bangunan tinggi membuat sebagian penghuninya berhamburan ke jalanan. Beberapa kereta api yang sedang berjalanpun dihentikan, dan penumpangnya diturunkan dari kereta-kereta tersebut.
Gempa bumi tersebut juga membuat lebih saluran listrik di lebih dari 4 juta bangunan di Tokyo dimatikan. Selain itu, beberapa fasilitas pembangkit tenaga nuklir juga dikabarkan ditutup, walau tidak diberitakan mengenai ada atau tidaknya kebocoran pada reaktor nuklir tersebut.

Foto Tsunami Jepang 2011

japan tsunami 2011
japan tsunami
japan tsunami 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar